Cara Memilih Filter Kolam Renang yang Pas Untuk Kondisi Kolam dan Keuangan Anda

Filter Kolam Renang

Seperti yang sudah kami jelaskan berulang kali, agar kesegaran kolam renang terjaga dengan baik, ada kalanya Anda membutuhkan filter. Fungsi filter ini nantinya yaitu menyaring kotoran dan binatang kecil yang mengganggu kualitas air. Secara umum, filter kolam renang ini terbagi menjadi tiga macam. Berikut penjelasannya.

3 Jenis Filter Kolam Renang yang Wajib Anda Pelajari

Sand Filter

Sand Filter

Sand filter ini merupakan jenis filter yang paling umum digunakan. Seperti namanya, sand filter berisi pasir khusus yang berfungsi menyaring kotoran yang dibawa oleh air.

Prinsib kerja sand filter ini sangat sederhana. Air yang dibawa masuk ke dalam tabung filter akan menyebar ke bagian lapisan-lapisan filter, kemudian dialirkan ke dasar tabung setelah melalui proses penyaringan di bagian pasir. Nah, dari sini debu dan kotoran akan tertinggal di dalam butiran pasir halus dan air kemudian akan didorong keluar ke kolam renang. Kemampuan sand filter ini dalam menyaring kotorang yaitu hingga 40 microns.

Sayangnya, karena filter ini nanti akan sering dipakai, lama-lama kotoran akan mengendap di sana dimana hal ini mengakibatkan kualitas air menurun. Makanya pembersihan filter wajib dilakukan secara teratur. Caranya cukup dengan membalikkan tabung agar terjadi backwashing. Bila kotoran sudah bersih, bilas dengan air dan masukkan kembali pasir kedalamnya.

Catridge Filter

cartridge filter

Untuk Catridge filter sendiri berbeda dengan sand filter karena sistem saringannya menggunakan paper-type cartridge. Umumnya bentuk filter ini seperti tabung vertical dan di dalamnya diisi cartridge. Fungsi carridge tersebut yaitu menyarig kotoran dari 10-20 micron, angka yang jauh lebih kecil dari pada sand filter.

Sama seperti sand filter, ketika filter kolam renang ini sering digunakan, kotoran akan mulai menumpuk dan mengganggu kinerjanya. Tidak jarang cartridge justru buntu. Untuk mengatasinya, Anda harus membersihkan cartridge dengan mengeluarkannya dari tabung, kemudian disemprot dengan air bertekanan kecil. Bila membersihkan cartridge ini sudah tidak mungkin, berikutnya Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

Diatomaceous Filter

Diatomaceous Filter

Diatomaceous Filter juga kerap dikenal dengan sebutan DE. Sebenarnya prinsib kerjanya mirip dengan cartridge, hanya saja perlu ditambahkan bubuk DE yang terbuat dari fosil organisme. Karena sudah ditambahkan bubuk DE, filter ini mampu menyaring kotoran hingga 3-5 micron. Selain itu, dindingnya mengandung silika sehingga sangat efektif dalam penyaringan benda-benda kecil. Makanya, filter DE adalah yang paling efektif dengan sistemnya yang lebih kompleks. Meski demikian harga dan perawatannya juga mahal.

Lalu? Filter Kolam Renang Yang Mana Yang Terbaik?

Seperti yang kita bahas di atas, setiap jenis filter punya kekurangan dan kelebihan. Kalau kita berbicara soal filter mana yang terbaik, maka hal ini kembali ke Anda sendiri. Perhatikan pula budget yang Anda persiapkan dan seberapa rajin nanti Anda merawat filter, kolam renang, pompa dan peralatan lain agar tidak cepat rusak. Memang yang mahal adalah yang terbaik namun bukan berarti Anda harus membeli karena biaya perawatannya pun juga mahal. Akan tetapi, filter seperti ini memang worth it apa lagi kalau kolam renang Anda dalah kolam renang komersil.

Kalau memang Anda hanya menyediakan sedikit dana untuk perawatan kolam, maka catridge adalah yang terbaik. Selain itu, pertimbangan lokasi kolam renang juga menjadi faktor utama perawatan kolam renang. Kalau cepat kotor, sudah pasti harus membeli alat yang berkualitas.

Demikian informasi tentang cara memilih filter. Pada akhirnya ini tergantung pada Anda. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Bapak Budi Santoso di Perumahan Istana Mekar Wangi – Jl. Taman Mekar Abadi 1 No. 36 A -Kolam Renang Butterfly, Bandung. Telp. 08155155553.

Informasi lengkap bisa akses website di: www.butterflypool.com

error: WWW.BUTTERFLYPOOL.COM