Berendam Jadi Lebih Menyenangkan, Begini Cara Pembuatan Kolam Renang Whirlpool

Cara Pembuatan Kolam Renang Whirlpool

Kolam renang memang menjadi salah satu tempat relaksasi yang menyenangkan, terutama untuk orang Indonesia yang notabennya beriklim tropis. Tapi, dengan berendam di air hangat tentu otot-otot tubuh akan lebih relaks. Tak heran jika banyak orang yang meluangkan waktunya untuk mengunjungi whirlpool. Sayangnya, di Indonesia sendiri kolam ini masih jarang. Nah, buat Anda ingin berendamnya lebih bermanfaat, begini cara pembuatan kolam renang Whirpool.

Cara Pembuatan Kolam Renang

Apa Itu Whirlpool?

Pernah dengan kolam air panas? Nah, whirlpool ini sebenarnya hampir mirip dengan kolam tersebut dimana nantinya Anda akan berendam dengan menggunakan air panas. Namun, kola mini lebih modern daripada kolam air panas biasa.

Cara Pembuatan Kolam Renang

Secara jelasnya, whirlpool merupakan sebuah kolam air panas mini yang di dalamnya terdapat aliran air panas dari mesin pompa jet. Kalau dilihat, kola mini seperti ada ada letupan-letupan air dalam dalam layaknya ketika memasak air dan sedang mendidih. Nah, letupan ini berasal dari pompa-pompa kecil yang mengeluarkan air panas dengan tekanan tertentu. Umumnya, kolam berendam ini menggunakan air bersuhu 34-40°C.

Air panas ini sangat bagus untuk relaksasi tubuh yang lelah setelah beraktivitas seharian penuh. Selain itu, air hangat ini sangat bagus untuk membersihkan kotoran di sela pori-pori kulit. Bahkan, berendam di whirlpool juga dapat memperlancar sirkulasi darah dan melemaskan otot-otot yang tegang. Semburan air dari lubang-lubang yang ada akan membuat tubuh seperti dipijat. Dibandingkan kolam renang biasa, air kolam ini lebih higenis.

Cara Pembuatan Kolam Renang Whirlpool

Cara Pembuatan Kolam Renang

Sebenarnya, cara pembuatan kolam renang whirpool ini tidak jauh berbeda dengan kolam renang pada umumnya. Hanya saja, nantinya untuk membuat kolam ini membutuhkan mesin untuk menghangatkan air kolam serta pompa pijat. Membuat kolam whirpool tidak membutuhkan lahan yang lebih luas karena fungsi utama kola mini hanya untuk berendam dan relaksasi.

Berbeda dengan kolam renang biasa, kolam whirlpool lebih banyak lubang di bagian dinding maupun dasar lantainya. Selain itu, tidak seperti kolam biasa, nantinya air yang masuk ke kolam (inlet) dialirkan oleh mesin pompa jet yang memiliki tekanan tertentu. Perbedaan lainnya yang perlu menjadi perhatian dalam membangun kolam whirpool adalah kedalaman kolamnya. Biasanya hanya sekitar 50-80 cm.

Bahan dan alat yang perlu dipersiapkan dalam membuat kolam whirlpool adalah plumping, keramik dan tiles, mesin pompa dan filter, mesin penghangat kolam dan mesin pijat. Untuk kolam hangat ini biasanya menggunakan sistem sirkulasi skimmer. Sedangkan untuk mesin penghangat kolam Anda bisa memilih antara mesin listrik, gas hingga heat pump. Sebaiknya, jarak antara mesin dengan kolam ini berdekatan agar nantinya tidak mengurangi daya tekan dari output air di dalam kolam.

Berapa Biaya Pembuatan Kolam Renang Whirlpool?

Berbicara soal biaya tentu saja terdapat perbedaan untuk kolam renang biasa dengan kolam whirlpool. Hal ini dikarenakan pada kolam whirlpool peralatan penunjang yang dibutuhkan lebih banyak dengan harga yang mahal seperti mesin pompa bertekanan tinggi dan mesin pemanas.

Untuk kolam berukuran 4 x 3 meter dengan kedalaman 0.6 meter, budget pembuatan kolam whirlpool bisa mencapai Rp 125.000.000. Biaya ini bisa menjadi lebih murah apabila ukuran kolam lebih kecil. Selain itu, yang paling memakan biaya adalah mesin penghangatnya.

Untuk menunjang keperluan Anda dalam membangun kolam whirlpool ini, bisa langsung menghubungi jasa kontraktor kolam yang sudah ahli yaitu Butterflypool. Untuk melihat apa saja produk yang ditawarkan langsung saja kunjungi website resminya di www.butterflypool.com.

error: WWW.BUTTERFLYPOOL.COM